Hong Kong Open 2019 : Antony Ginting Tumbang, Indonesia Tanpa Gelar




ZAGS – Indonesia gagal membawa pulang gelar dalam turnamen BWF Tour Series 500 di Hong Kong Open 2019. Hal ini dipastikan setelah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting secara kontroversial takluk dari tunggal putra tuan rumah, Lee Cheuk Yiu dalam partai final, Minggu (17/11/2019). 

Bermain di Hong Kong Coliseum, Ginting kalah dalam pertandingan rubber game dalam waktu satu jam 17 menit. Ia takluk dengan skor 21 – 16, 10 – 21, dan 20 – 22. 

Ginting bermain cukup apik dan stabil pada gim pertama. Tunggal putra Indonesia tersebut unggul cepat dan menutup interval pertama dengan keunggulan 11 – 4. Tetapi, Lee juga terus memberikan perlawanan dengan menempel poin perolehan Ginting. Meski demikian, Ginting tetap terus memimpin dan berhasil merebut gim pertama.

Pada gim kedua, Ginting mendapat perlawanan yang ketat dari tunggal putra Hong Kong tersebut. Hingga Lee mampu mendominasi permainan dan membuat Ginting kerap kerepotan menahan serangannya. Lee kerap unggul dan akhirnya dapat menyamakan kedudukan di gim kedua. 


Kemudian pada gim ketiga alias penentuan, situasi tidak banyak berubah. Lee yang tampil percaya diri di hadapan publik sendiri mampu mengatasi dan membaca permainan Ginting. Pebulu tangkis Hong Kong itu bahkan sempat unggul jauh 11 – 5 di interval pertama. Kemudian setelah turun minum, Ginting mencoba terus mengejar ketertinggalan. Secara perlahan dan tetap tenang, ia mampu mengumpulkan poin dan menyusul Lee. Ginting berbalik unggul 19 – 18.

Ginting berpeluang merebut gelar juara setelah meraih match point 20 – 19 atas Lee. Akan tetapi, Lee mampu mengejar dan memaksakan setting dan meraih 2 poin beruntun. 

Keputusan wasit sempat diprotes oleh Ginting karena ia menganggap raketnya tidak melewati net ketika mengembalikan pukulan Lee. Namun, wasit tetap pada keputusannya dan Lee pun dinyatakan menang. 

Dengan kalahnya Ginting, Indonesia dipastikan tanpa gelar dalam Hong Kong Open 2019 kali ini. Setelah sebelumnya, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga kalah di final.
The Daddies harus mengakui keunggulan pasangan Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jo di partai puncak dengan skor 21 – 13, 12 – 21, dan 13 – 21.

Foto    : GRID. ID, bolasport.com
Penulis    : Ryanuri Rifki Ramadhan
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Recent Posts

Label