Hadiri KTT ke-35 ASEAN di Bangkok, Jokowi Harap Situasi di Rakhine Segera Normal




ZAGS--Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sesi Pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN yang digelar pada Sabtu, 2 November 2019, di Bangkok, Thailand. Dalam sesi itu Jokowi menaruh perhatian besar pada upaya pemulihan situasi dan keamanan di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Dia berharap agar situasi di daerah tersebut dapat mengalami kemajuan yang berarti.

"Saya yakin kita semua mengharapkan agar situasi di Rakhine State dapat segera kembali normal," kata Jokowi kepada para pemimpin negara ASEAN, seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (3/11).

Sejalan dengan yang telah disepakati para pemimpin ASEAN yang hadir, Jokowi berharap pemulangan pengungsi di Negara Bagian Rakhine secara sukarela, aman, dan bermartabat agar terus diupayakan oleh para pemimpin ASEAN.  

Dikutip dari laman CnbcIndonesia.com, Dalam pertemuan tersebut Jokowi menegaskan Indonesia siap untuk berkontribusi agar satuan tugas ad-hoc dapat segera terbentuk dan bekerja. Pendirian ad-hoc task force di Sekretariat ASEAN tersebut juga disepakati oleh para pemimpin ASEAN.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut menghadiri acara tersebut mengatakan, bahwa Jokowi menawarkan beberapa saran dan pandangan dalam upaya penanganan penyelesaian isu tersebut. Pertama, Jokowi memandang perlu adanya dialog lanjutan dengan para perwakilan pengungsi yang berada di Cox’s Bazaar.

Retno berharap dengan berdialog akan timbul sebuah kepercayaan, sehingga  persiapan pemulangan pengungsi bisa berjalan secara aman.

Kedua, Indonesia sepenuhnya mendukung pendirian satuan tugas ad-hoc di Sekretariat ASEAN yang fokus memantau pelaksanaan rekomendasi tim Preliminary Needs Assessment (PNA).

Foto : Poskotanews.com
Penulis : Fajar Setiaji
Source: CnbcIndonesia.com
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Recent Posts

Label