Berlibur ke Solo ? Yuk, Simak 5 Kuliner Khas Solo yang Wajib dicoba!



ZAGS – Mencicipi makanan khas adalah hal wajib dalam travelling. Merasakan makanan khas daerah langsung ditempatnya, tentu akan menjai pengalaman yang seru dan tak terlupakan.
Jika kamu berencana untuk berlibur ke Kota bengawan, maka kalian harus mencoba semua variasi dan inovasi makanan yang ada. Lalu apa saja ya? Berikut daftar makanannya!

1. Nasi Liwet 
Sumber: Tripzilla.id

Makanan khas Solo ini wajib dicoba dan jangan sampai kelewatan. Nasi putih yang dimasak dengan santan ini membuat rasanya menjadi gurih. Nasi liwet biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan telur rebus ditambah sedikit santan kental gurih yang disebut areh ini akan menggoyang lidah penikmatnya.

Nasi liwet dapat kalian temukan dipagi maupun malam hari, salah satu penjual nasi liwet yang ikonik di Kota Solo ialah Nasi Liwet Wongso Lemu, yang terletak diwilayah Keprabon. Untuk harga sendiri, Nasi Liwet Wongso Lemu memang mematok harga yang lebih mahal dibandingkan penjual lainnya. Namun memiliki rasa yang khas dibanding penjual yang lain.

Selain Wongso Lemu, kalian juga bisa menemukan penjual nasi liwet di beberapa titik sepanjang Kota Solo. Biasanya penjual nasi liwet menjajakan jualannya dipinggir jalan. Harga yang ditawarkan pun lebih murah.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 19,000 IDR per porsi

2. Selat Solo 
Sumber: Trip Advisor

Selat solo adalah hidangan khas Jawa dengan pengaruh dari Eropa dan merupakan makanan khas Solo. Selat Solo biasanya dihidangkan lengkap, mulai dari sayuran, irisan telur pindang, potongan daging bistik dan sayur mayones. Ditambah dengan kuah khas berwarna coklat yang sedikit manis. Hmm… kebayangkan gimana rasanya. Penasaran seperti apa rasanya, well, kamu harus mencobanya langsung.

Warung Selat Mbak Lies, adalah salah satu penjual selat khas solo yang memiliki rasa khas. Lokasinya tersembunyi, tapi jangan salah interior didalamnya sangat unik dan instagramable! Jadi jangan sampai lupa untuk berkunjung ya…

Warung Selat Mbak Lies
Lokasi: Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 16,000 IDR per porsi

3. Serabi Solo


Sumber: Tripzilla.id


Kalau tadi sudah makanan yang berat-berat, kali ini ZAGS akan memberikan rekomendasi makanan ringan, dan salah satu makanan khas kota Surakarta, yakni Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman sudah melayani pelanggannya sejak tahun 1920-an, dan mereka sukses bertahan karena mempertahankan cita rasanya yang manis, lembut dengan santan yang terasa kuat di mulut. Jika membelinya langsung di Notosuman, kamu juga bisa mendapat bonus melihat langsung pembuatan serabi dengan teknik yang menjaga kearifan lokal. Di serabi notosuman sendiri terdapat 2 macam varian rasa, yakni Coklat dan Putih (original).

Kalau kalian mau memembelinya, kamu harus sabar untuk mengantre ya! Terlebih dimusim liburan. Serabi ini juga cocok loh apabila dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Manisnya…
Serabi Notosuman

Lokasi: Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari 1,800 IDR per buah (bergantung pada rasa)

4. Tengkleng 

Sumber: netz.id

Siapa yang suka olahan daging kambing? Mungkin tengkleng menjadi salah satu makanan khas Solo yang wajib kamu coba!

Salah satu penjual tengkleng yang cukup populer di Kota Batik ini ialah Tengkleng Bu Edi. Masakan yang mirip dengan gulai tersebut memiliki kuah yang lebih cair dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat. Cara penyajian tengkleng di atas pincuk juga menambah kenikmatan tersendiri. Terlebih Tengkleng Bu Edi ini selalu disajikan saat masih panas. Haduhh kebayang rasa nikmatnya gak sih? Pasti enak banget!

Tengkleng Klewer Bu Edi
Lokasi:  Pasar Klewer Solo, Jalan Doktor Radjiman, Gajahan, Pasar Kliwon, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per pincuk

5. Es Dawet 

Sumber: @adreareyhan

Sudah empat makanan khas, rekomendasi dari Tim Zags yang wajib dicoba. Kini beralih yuk ke yang seger-seger. Es Dawet Telasih Bu Dermi jawabannya.

Salah satu makanan legend ini juga menjadi salah satu kuliner favorit presiden Jokowi Lho!
Rasanya yang manis dan segar menjadikan es dawet telasih ini menjadi incaran siapa pun. Es Dawet ini berbeda lo zagers dengan es dawet diluaran sana. Rasanya khas, tidak terlalu manis, rasa santan juga terasa pas. Pokoknya semua pas dan pastinya nyegerin!

Oiya, bagi kamu yang mau beli es dawet Bu Dermi siap-siap untuk antri ya!
Es Dawet Telasih Bu Dermi
Lokasi: Jalan Ir. Juanda, Jebres, Gandekan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah (di dalam Pasar Gede)
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi



Editor: Zalita Alda Miarta 
Sumber: tripzilla.id

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Recent Posts

Label